Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J

Bookmark and Share
Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J. Impian untuk memiliki Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah diwujudkan oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Gebrakan Yamaha di tahun 2012 ini semakin kencang melalui produk - produk skutik teranyar. Setelah Mio Fino ”Fashionable Matic” Yamaha secara resmi meluncurkan Yamaha Mio J sebagai  motor matic injeksi irit harga murah dengan karakter Semakin Cepat Semakin Irit... It’s Magic.

Yamaha Mio J sebagai pelopor Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah merupakan inovasi motor matic terkini yang menyatukan ketangguhan mesin juara Yamaha, DiASil Cylinder & Forged Piston. Penyatuan mesin juara Yamaha dan teknologi mutakhir Fuel Injection YMJET-FI melahirkan motor matic performa tinggi secepat jet dengan kelincahan sesuai reputasi Mio.

Teknologi Fuel Injection (FI) Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen, serta emisi dan polusi rendah. Dengan sistem injeksi, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. FI juga ramah lingkungan sesuai standar euro3 yang akan mulai diaplikasikan di Juli 2013 menurut AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia).

Cara kerja FI sama seperti sistem tubuh manusia. Pada sistem FI terdapat ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor. Pada akhirnya ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin. Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankan fungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.

Lebih sempurnanya lagi, mesin injeksi Yamaha pada V-Ixion dapat diterapkan dalam balapan seperti yang dilakukan pada Yamaha Riding Academy (YRA). Vixion mudah diseting, tidak perlu banyak modifikasi, cukup adjust (diatur atau disetel) ECU (Electronic Control Unit) untuk mendapatkan power menjadi sebuah motor kompetisi. Tinggal diganti bagian muffler (knalpot) yang berkarakter racing (balap). Selain FI, Vixion juga memiliki teknologi forged piston dan diasil cylinder yang merupakan teknologi balap Yamaha.

Teknologi FI telah diterapkan Yamaha pada V-Ixion. Motor sport nomor satu di pasar Tanah Air yang diluncurkan pada 2007 itu terbukti keunggulannya sehingga selalu dicintai konsumen. Penjualan V-Xion telah mencapai 766.978 unit terhitung sejak pertama kali diluncurkan di 2007 hingga November 2011. Atau sama dengan 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan kompetitor. Bukti lainnya Yamaha terdepan untuk teknologi injeksi juga hadir melalui Jambore Nasional (Jamnas) Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) di area Waduk Gadjah Mungkur, Wonogiri, 18-20 November 2011. Jamnas bersejarah itu ditandai dengan lahirnya rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) baru yaitu YVCI sebagai klub motor injeksi dengan chapter (cabang atau perwakilan terbanyak) yang datang berkumpul di sebuah acara, yaitu sebanyak 201 chapter.